Tips Mengembangkan Usaha Minuman dan Makanan Gerobakan

Posted on June 7, 2013
Asetehe booth1. Tepat menentukan lokasi dan harga jual Harga jual minuman dan makanan  sebaiknya bisa bersaing dengan penjual makanan dan minuman yang lainnya. Paling tidak bisa bersaing di lokasi tempat anda berjualan. Hampir semua makanan dan minuman kali lima memiliki banyak pesaing. Harga merupakan salah satu faktor penting untuk memenangkan persaingan di tengah banyaknya produk sejenis di pasaran, di samping keunikan dari produk kita dan lokasi tempat anda berjualan.
Berjualan di jalur cepat, tidak ada lahan parkir, jalan satu arah akan menghambat penjualan produk anda.
2. Manajemen Karyawan Dalam menentukan jumlah karyawan hendaknya mengingat efisiensi, jangan sampai jumlah karyawan yang terlalu banyak malah menimbulkan inefisiensi, Jumlah karyawan yang dimiliki harus sesuai dengan kebutuhan usaha. Akan tetapi juga  jangan segan segan untuk menambah karyawan ketika memang diperlukan untuk pengembangan usaha. Aturan yang jelas di awal hubungan kerja akan membantu mengatur karyawan, jadi antara hak dan kewajiban karyawan harus jelas dan diketahui oleh karyawan sejak awal bekerja. Jadi jelas juga kapan ada kenaikan upah, misalnya ketika ada kenaikan omset dsb.
3. Pengembangan usaha Untuk dapat mengembangkan usaha, pebisnis minuman dan makanan harus dapat menyisihkan keuntungannya. Penyisihan keuntungan ini antara lain bisa digunakan untuk persiapan mengganti perlengkapan usaha yang rusak , mengembangkan outlet usaha atau menambah cabang atau oulet.
4. Mempunyai menu andalan
Tempat usaha biasanya mudah dikenal jika ada menu andalannya, misalnya kuch2hotahu, outlet tahu pedas mempunyai menu andalan sambal setan atau sekarang lebih dikenal dengan SS saja.
5. Profesional dalam melayani Pelayanan yang profesional tidak mengenal tempat, jadi walaupun usahanya kaki lima di pinggir jalan, tetap diperlukan pelayanan yang memuaskan. Contoh pelayanan yang profeisonal dan memuaskan adalah tidak membiarkan pembeli menunggu terlalu lama, mendahulukan pembeli yang datang lebih dulu, dan selalu tersenyum dengan ramah terhadap pembeli, bahkan bisa menyebut nama pelanggan karena dia sudah berkali-kali datang.
Sebaiknya ada pelatihan khusus untuk pelayanan ini bagi karyawan-karyawan baru.
6. Menambah cabang baru Menambah cabang baru tidak selalu menggunakan modal sendiri. Bisa dengan mencari investor dengan sistem bagi hasil atau bisa juga dengan business opportunity  waralaba/franchise merupakan cara mempercepat pertumbuhan usaha.
8. Jagalah Kebersihan Outlet yang selalu bersih dan rapi adalah syarat mutlak. Konsumen akan malas untuk datang lagi jika outlet tidak bersih dan pegawai yang jorok.
9. Kerja Cerdas
Kerja keras saja tidak cukup untuk dapat membuat usaha kita berkembang, akan tetapi diperlukan kerja cerdas dan kreatif sehingga usaha minuman kita dapat survive.
Ingin bergabung di franchise minuman teh / waralaba minuman teh? Klik disini 🙂 Untuk tahu apa saja keuntungan-keuntungan dan detail franchise minuman teh asetehe, silahkan baca di halaman beranda.

No Replies to "Tips Mengembangkan Usaha Minuman dan Makanan Gerobakan"


    Got something to say?