Waralaba : Bisnis “Lompat Kelas”?

Posted on June 18, 2013
 
“Franchise itu sudah pasti business opportunity (BO), tetapi BO belum tentu franchise,”
Itulah yang dikatakan oleh Anang Sukandar, Ketua Asosiasi Franchise Indonesia (AFI).Sebentar, mari kita menilik lagi akar dari kata waralaba versi Asosiasi Franchise Indonesia. Pengertian waralaba ialah:franchise1" Suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana pemilik merek (franchisor) memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu. "  (sumber : Wikipedia)Walau tanpa penjelasan sedetail ini, Anda pasti minimal mengetahui sedikit gambaran bisnis "waralaba".  Anda hidup ditengah bisnis waralaba jika Anda berdomisili di kota-kota besar. Bahkan, waralaba kini hampir menyentuh sebagian besar wilayah Indonesia. Anda sering atau minimal pernah makan di KFC, CFC atau McDonalds? Mampir ke Indomaret atau Alfamart untuk membeli keperluan sehari-hari? Atau anak Anda mengambil les di Primagama, EF atau ILP? Semua yang disebutkan tadi adalah waralaba! 😀Waralaba sendiri dapat dibagi menjadi dua:
  • Waralaba luar negeri, cenderung lebih disukai karena sistemnya lebih jelas, merek sudah diterima diberbagai dunia, dan dirasakan lebih bergengsi.
  • Waralaba dalam negeri, juga menjadi salah satu pilihan investasi untuk orang-orang yang ingin cepat menjadi pengusaha tetapi tidak memiliki pengetahuan cukup piranti awal dan kelanjutan usaha ini yang disediakan oleh pemilik waralaba.
Nah... kenapa waralaba disini dikatakan "Bisnis Lompat Kelas"?Bisnis secara normal beberapa tahun lalu, dimulai dari nol. Walau tidak dapat dipungkiri terdapat beberapa sistem waralaba yang berjalan dan sistem kongsi. Namun dalam beberapa tahun ini, waralaba meluas. Dengan kata lain, ketika Anda memilih bisnis waralaba, berarti anda telah memilih untuk lompat kelas, mulai dari product testing, branding dan membentuk SOP. Bisnis waralaba mulai sangat diminati. Peluang bisnis waralaba tinggi. Karena memulai bisnis dari nol sangat berat bukan? 😉Dari sekian bisnis waralaba yang lahir, terdapat beberapa yang berhasil bertahan dan sukses. Namun, tak sedikit pula yang kemudian gulung tikar. Meskipun "lompat kelas", Anda perlu memahami bisnis jenis ini agar bisa survive di masa depan.Bisnis waralaba yang baik adalah usaha yang dibutuhkan sehari-hari yaitu makanan, minuman, pendidikan, salon,bengkel serta bidang ritel.  Franchise minuman (terutama waralaba teh) masih menjadi tren teratas. Bagi Anda yang ingin berusaha namun tidak mempunyai modal yang terlalu besar bisnis waralaba bisa jadi merupakan jawabannya. Tentunya tidak sembarang waralaba yang bisa Anda pilih. Misal kita perlu melihat pula kondisi daerah, potensi mengembangkan produk waralaba Jawa Tengah dan Yogyakarta adalah  makanan dan batik. Berbeda dengan Bali yang cocok dengan produk kerajinan kayu dan pakaian.trans Tips Memilih WaralabaSelain itu, para pemodal sebaiknya berhati-hati memilih waralaba yang akan diambil. Kenapa? Karena sering terjadi kerancuan antara waralaba (franchise) dengan bussiness opportunity (BO). Dalam PP No. 42 tahun 2007 dijelaskan bahwa waralaba harus terbukti benar-benar menguntungkan.  Proses aplikasi bisnisnya mudah diterapkan dan diajarkan kepada pengambil pewaralaba dan lain-lain. Franchise itu sudah pasti business opportunity (BO), tetapi BO belum tentu franchise.Ia juga mencatat ada dua hal yang penting dalam menentukan waralaba diantaranya masalah keteraturan zona wilayah persebaran unit waralaba di setiap daerah. Apakah pihak pemberi waralaba membatasi para pelaku yang bermain di wilayah tertentu atau tidak. Sehingga tidak terjadi persaingan antar sesama pewaralaba. Selain itu, keberlanjutan usaha waralaba tergantung pada usaha kita dalam mengelolanya. Walau kita mengusung brand yang keren, jika maintenance dan evaluating bisnis ini tidak dijalankan dengan baik, sudah pasti Anda kalah. Hal ini juga berlaku sebaliknya, dengan usaha keras dan disiplin dalam pengelolaan, waralaba yang Anda jalankan akan sukses!Langkah awal waralaba? Berani mengambil langkah pertama! Jangan takut gagal! Lakukan persiapan yang baik, termasuk  memilih waralaba yang akan Anda jalankan. 😀 Referensi :http://id.prmob.net/bisnis/waralaba/merek-673876.htmlhttp://bisnisukm.com/tips-memilih-waralaba-2.html
Ingin bergabung di franchise minuman teh / waralaba minuman teh? Klik disini 🙂 Untuk tahu apa saja keuntungan-keuntungan dan detail franchise minuman teh asetehe, silahkan baca di halaman beranda.

No Replies to "Waralaba : Bisnis "Lompat Kelas"?"


    Got something to say?